Rabu, 03 Agustus 2011

Perkembangan Mac OS

 Perkembangan Mac OS dari tahun 2001-2011
        Sobat CC, tahukah kalian Apple baru-baru ini merilis versi terbaru dari sistem operasi mereka yaitu OS X Lion. Versi teranyar dari rangkaian OS X yang menjanjikan lebih dari 250 fitur baru ini cukup banyak membuat penasaran banyak orang. Apalagi dijual dengan harga yang cukup murah dan langsung bisa didapatkan di Mac App Store. Dibalik Mac OS X Lion tentu pasti ada versi pendahulunya. Nah, Sobat CC, sekarang kita akan mundur kebelakang, untuk mengenang beberapa versi OS X sebelumnya.

Mac OS X 10.0.0 – Cheetah


       “Cheetah” adalah versi pertama dari Mac OS X. Cheetah juga dikenal sebagai Mac OS X versi 10.0.0. Dirilis di tahun 2001, Cheetah menandai perubahan besar dari versi Mac OS sebelumnya. Dengan kode program yang benar-benar baru, gaya desktop dan sistem manajemen memori yang juga baru, cheetah merupakan evolusi di dunia PC dan Laptop dari Apple. Meskipun tidak sedikit yang memberikan kritik Cheetah pada masalah performa dan fitur-fitur yang “hilang” dari Mac OS, tetapi tidak dapat disangkal, Cheetah merupakan OS paling stabil yang dimiliki Mac pada waktu itu. Sedikit tambahan, di versi kali ini pihak Apple tidak menggunakan kata-kata Cheetah untuk media promosi, mereka lebih memilih Mac OS X.

Mac OS X 10.1 – Puma


      Puma, atau Mac OS X versi 10.1, merupakan versi update gratis dari Mac OS X 10.0 / Cheetah. Puma sendiri diluncurkan juga di tahun 2001. Apple juga meluncurkan update minor dari Puma yang akhirnya menjadi OS bawaan untuk produk Machintos Computer mereka. Perkembangan baru yang ditawarkan adalah kemudahan dan kecepatan “burning” CD / DVD, peningkatan kualitas DVD player, dan tambahan kompatibilitas terhadap driver printer. Pada waktu itu banyak kalangan yang menilai tidak banyak perubahan yang ditawarkan di Puma dan pada saat itu banyak juga orang yang mengeluhkan banyaknya bug yang membuat sistem crash di versi Puma ini.

Mac OS X 10.2 – Jaguar


        Versi selanjutnya dari Mac OS muncul di tahun 2001 dengan nama Jaguar. Jaguar berhasil memberikan perbedaan besar dari versi Puma dengan adanya peningkatan kecepatan, stabilitas, kompatibilitas dengan dan fitur-fitur baru lainnya. Address Book, Handwriting recognition software Inkwell, dan Mail program merupakan fitur tambahan yang memiliki daya tarik sendiri saat Jaguar di luncurkan. Jaguar sendiri merupakan produk OS Apple yang dipasarkan dengan nama kodenya (Jaguar) dan bukan dari nama versinya (Mac OS X versi 10.2).

Mac OS X 10.3 – Panther


        Versi keempat dari rangkaian seri Mac OS X hadir dengan nama kode Panther. Dirilis setahun setelah versi Jaguar yaitu pada 2003, Panther dipromosikan memiliki lebih dari 150 fitur baru, termasuk live search engine di finder, Expose, TextEdit, Preview, dan Quick Time. Panther juga menandai peluncuran dari web browser keluaran Apple yaitu Safari. Safari sendiri di versi ini secara resmi menggantikan Internet Explorer untuk Mac.

MAc OS X 10.4 – Tiger


        Versi berikutnya adalah Mac OS X v10.4 atau dikenal dengan Tiger. Dirilis di tahun 2005, dan merupakan Mac OS X yang bertahan paling lama sebelum digantikan oleh versi Leopard di lebih dari 2 tahun berikutnya. Spotlight search engine diperkenalkan Apple pada versi Tiger ini. Kemudian mereka juga memperkenalkan beberapa fitur seperti Dashboard (sebuah sistem widget), versi terbaru dari Safari dan lain sebagainya.

Mac OS X 10.5 – Leopard


Di tahun 2007, akhirnya Tiger harus memberikan tahtanya ke Leopard. Leopard adalah nama lain dari Mac OS X versi 10.5. Di versi Leopard kali ini, Apple melakukan banyak perubahan di tampilan desktop, dock, menu bar, dan juga finder. Leopard juga di senjatai dengan fitur baru seperti Backup utility time machine, kemudian upgrade dari spotlight dan photobooth. Leopard juga meningkatkan faktor keamanan dari Mac OS X.

Mac OS X 10.6 – Snow Leopard


       Versi ke-6 dari Mac OS X adalah Snow Leopard. Dirilis di tahun 2009 dengan kisaran harga £26. Snow Leopard di luncurkan dengan fokus di pembenahan performa. Apple menawarkan peningkatan performa, efisiensi, dan optimalisasi penggunaan memori. Di Snow Leopard sendiri fitur baru tidak terlalau menonjol.

Mac OS X 10.7 – Lion


        Dan akhirnya kita sampai pada OS terbaru keluaran Apple, yaitu MAC OS X Lion (Versi 10.7). Mac OS ini baru saja resmi dirilis pertengahan tahun ini. Pertama kali Apple mengeluarkan isu soal OS ini di public yaitu pada sebuah acara bertajuk “Back to the Mac” di tahun 2010. Lion sendiri memiliki fitur andalan seperti gesture control, AirDrop (fitur sharing file antara mac), kemudian juga ada auto save untuk tiap aplikasi dan masih banyak lagi yang lainnya.
Kemudian apa lagi? Gosipnya Apple akan mengeluarkan produk OS baru mereka tetap dengan nama keluarga “kucing”. Mungkin akan ada Mac OS Cougar, Clouded Leopard, Bornean Leopard atau ??? Yah mari kita tunggu saja versi OS X selanjutnya. Atau… Sobat CC pengguna Apple sudah tidak sabar untuk OS XI / OS 11?  Yah, Sampe sekarang kami masih menjadi mimpi untuk memiliki MAC OS,, sudah berkali2 mencoba.. akhirnya gagal..  END



Kalau Menurut Anda Bermanfaat, Mohon Klik THANK Dibawah  :



                                      THANK

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke CyberCentral.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Di Kotak Yang Tersedia.
Usahakan Jangan Memakai Anonim.
Terima Kasih.


[Admin CyberCentral]