Sabtu, 04 Januari 2014

Teknik fotografi : Foto Levitasi dan berbagi contohnya

Oke setelah sekian lama admin cc tidak melakukan update. Kali ini admin bakal ngasih info dan trik baru dalam hal dunia fotografi. Hal itu iyalah FOTO LEVITASI

Apa itu levitasi? 

Levitasi adalah teknik fotografi yang membuat sesuatu atau seseorang tampak seolah-olah Melayang tanpa menggunakan alat bantu. Foto levitasi tanpa editing dilakukan oleh model yang melompat dan berpose sehingga seolah-olah ia tampak melayang. Berbeda dengan teknik jump shot dimana objek memang terlihat melompat bukan melayang.

Biasanya foto levitasi ini dibuat dengan 2 cara, yaitu dengan mengunakan teknik editing Photoshop dan tanpa editing. Foto levitasi tanpa editing dilakukan oleh model yang melompat dan membuat pose seolah-olah ia tampak melayang.

Oke, admin sendiri belum pernah nyoba membuat sendiri, tapi niatannya udah ada. Jadi setelah admin googling sana-sini, admin nemu sedikit tips Foto Levitasi, oke cekidot:
  1. Fotografi levitasi berbeda dengan Jump Shoot. Levitasi harus memperlihatkan model yang seakan-akan melayang alami tanpa terlalu banyak ekspresi wajah.
  2. Foto Levitasi tanpa editing dapat dilakukan dengan kamera professional (DSLR) maupun kamera biasa (kamera ponsel, kamera pocket).
  3. Foto levitasi dengan kamera DSLR dapat memanfaatkan Burst Mode ( Continuous Shooting). Dengan sekali menekan tombol shutter, langsung menghasilkan beberapa jepretan sekaligus. Foto- foto hasil jepretan dengan Burst Mode dari kamera DSLR dapat dipilih mana yang pas mendapatkan momen ‘melayang’.
  4. Foto levitasi dapat dapat dilakukan dengan kamera non-professional, namun lebih tricky karena mengandalkan ketepatan menekan tombol rana saat model melompat.
  5. Pastikan cahaya cukup, agar bayangan terbentuk sehingga efek model sedang melayang lebih terlihat.
  6. Gunakan shutter speed tinggi untuk menangkap model yang melayang dengan lebih focus (freeze motion). Cahaya yang cukup sangat berperan untuk mendapatkan shutter speed yang tinggi.
  7. Gunakan low angle, agar model terlihat lebih tinggi melayang.
Catatan:
"Kamera yang mahal atau canggih belum tentu menghasilkan foto yang bagus juga. Tapi, ide yang kreatif membuat semuanya menjadi menarik dan apik." 

Selamat mencoba, Semoga bermanfaat. Kalo ada yang salah atau kurang tepat harap dimaklumi. dan ini sedikit foto levitasi keren dari berbagai sumber.










0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke CyberCentral.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Di Kotak Yang Tersedia.
Usahakan Jangan Memakai Anonim.
Terima Kasih.


[Admin CyberCentral]