Sabtu, 24 Maret 2012

10 GNU/Distro Linux Terbaik

Banyak sekali kemajuan-kemajuan yang ada di dunia persilatan distro GNU/Linux distro,Kompatibilitas hardware, kemudahan penggunaan, dukungan repositori perangkat lunak. Ketiga atribut ini mutlak harus ada dalam setiap distro linux. Hal ini menciptakan situasi yang agak unik, di mana ide-ide developer cepat menyebar. Dan sebagai hasilnya, ada puluhan distribusi update setiap bulan, ratusan setiap tahun, berlomba-lomba untuk menjadi urutan teratas di DistroWatch.com. Berikut Ini adalah 10 distro linux menurut saya hehe :
1.Ubuntu

Ubuntu merupakan distro Linux yang paling populer diantara distro distro linux lainnya. Sifatnya yang stabil serta user friendly membuatnya sangat diminati oleh publik. Ubuntu juga merupakan distro Linux yang paling cocok bagi pengguna awam yang baru belajar menggunakan Linux, karena memang distro linux inilah yang paling gampang pengoperasiannya. Dukungan komunitas yang besar membuat Anda tidak akan pernah kehabisan tempat untuk bertanya.
Tetapi ada dua alasan mengapa Ubuntu masih merupakan pilihan yang fantastis untuk pemula – kompatibilitas hardware dan kemudahan instalasi. Ubuntu masih menawarkan salah satu desktop terbaik, sebuah repositori perangkat lunak tak tertandingi, kemudahan instalasi perangkat lunak proprietary seperti Flash dan driver Nvidia, dan menggabungkan salah satu komunitas terbesar di internet. Ubuntu adalah juaranya.
2.Linux Mint

LinuxMint yang merupakan distro Linux berbasis Ubuntu, pertama kali di luncurkan pada tahun 2006 oleh seorang kelahiran perancis yang bernama Clement Lefebvre. Clement merupakan pekerja IT yang menetap di Irlandia.
Hal yang telah berubah dalam hirarki distro Linux. Dengan beralihnya Ubuntu ke Unity dan Fedora ke Gnome Shell, sekarang ada ruang untuk distribusi kelas pertama Gnome yang sudah familiar di kalangan user.
3.Fedora

Fedora adalah distro linux yang pertama kali dirilis pada tahun 1995, dikembangkan oleh 2 orang yang bernama Bob Young and Marc Ewing dibawah nama perusahaan Red Hat Linux. Walaupun dirilis sudah sejak lama namun fedora baru mulai populer pada tahun 2004
Fedora menawarkan banyak keuntungan yang sama dari Ubuntu seperti dukungan hardware yang baik, desktop halus dan pilihan paket luar biasa. rilis terbaru Fedora 15 adalah distribusi besar pertama yang menggunakan Gnome baru – Gnome Shell. Seperti Persatuan Ubuntu-Unity, Shell adalah upaya untuk mengubah harapan orang tentang seperti apa desktop Linux harus terlihat. dengan pendekatan desktop seperti animasi transisi, launcher dll.
4. Linux OpenSuse

Opensuse pertama kali dipublikasikan pada tahun 1992 oleh 4 orang maniak Linux berkebangsaan jerman. Mereka adalah Roland Dyroff, Thomas Fehr, Hubert Mantel dan Burchard Steinbild. Project mereka diberikan nama SUSE yang merupakan kepanjangan dari (Software und System Entwicklung). Edisi distro linux opensuse yang tersedia saat ini adalah openSuse dan Suse Linux Enterprise.
Ini adalah distribusi dalam daftar klasifikasi ini yang menggunakan desktop KDE secara default, dan OpenSuse telah memilih KDE untuk alasan yang baik: karena desktop ini paling akrab di lingkungan kantor.
KDE sering disamakan dengan Windows.
5. PCLinuxOS


Pertama kali diluncurkan pada tahun 2005 oleh Bill Reynolds atau yang lebih dikenal dengan julukan “texstar”. Sebelum Bill Reynolds menciptakan PclinuxOS, ternyata texstar adalah salah satu developer yang cukup terkenal dari Mandrake Linux. Edisi yang tersedia adalah MiniMe, Junior and BigDaddy  wah unyu-unyu juga ya namanya.
6.Puppy Linux

Kekuatan besar Linux adalah fleksibilitas. Akibatnya kita harus membuat pilihan yang baik untuk perangkat keras lama. Tidak seperti beberapa sistem operasi lain. Ada banyak distribusi yang akan membawa perangkat lunak terbaru, kernel terbaru dan driver terbaru, dan membangun mereka menjadi distribusi disesuaikan untuk masa sekarang. Yang terbaik dari klasifikasi ini adalah Puppy . OS ini hanya membutuh ISO 128MB yang di burn ke CD dan boot. dan tentang versi 5 adalah bahwa sekarang Puppy menggunakan repositori paket yang sama dengan Ubuntu. Ini memberi Anda akses langsung ke ribuan paket yang paling populer dari seluruh dunia.
7. Debian

Distro linux Debian GNU Linux pertama kali di publikasikan 1993. Pembuatnya adalah Ian Murdock. Debian GNU linux merupakan sebuah project non-komersil yang dikembangkan secara bersama-sama oleh ratusan programmer diwaktu senggang mereka. Awalnya Debian diprediksikan tidak akan berkembang dan akan segera menghilang begitu saja, namun apa yang terjadi kemudian malah sebaliknya. Debian tumbuh menjadi distro linux yang besar dan populer, memiliki komunitas yang besar, serta menelurkan berbagai macam distro-distro turunan.
8.Mandriva

Mandriva Linux pertama kali diluncurkan pada tahun 1998 oleh Gaƫl Duval dibawah nama Mandrake Linux . Pada awalnya mandriva merupakan hasil olahan dari distro linux Red Hat dengan berbagai sentuhan tambahan, namun lambat laun mandriva memiliki fungsi-fungsi dan sentuhan tambahan yang membuatnya lebih user friendly, seperti proses instalasi yang lebih mudah, deteksi hardware yang lebih baik serta kemampuan partisi harddisk.
9.Backtrack

Backtrack merupakan salah satu distro linux yang merupakan turunan dari slackware yang mana merupakan merger dari whax dan auditor security collection. Backtrack ini Hacking Friendlydan backtrack ini memang spesifikasinya pada aktivitas meretas komputer alias hacking.
10.Centos

Red Hat Enterprise Linux (RHEL) hampir tak tersentuh di pasar bisnis. ini adalah daerah yang paling menguntungkan dan didukung ekosistem Linux, dan seperti yang Anda duga, itu mahal. Ini hanya tersedia jika Anda bersedia membayar untuk dukungan, layanan dan upgrade, dengan harga yang diluar jangkauan.
Tapi RHEL masih open source, Yang mana CentOS masuk dan mengubah kode sumber dan membangun kembali RHEL dalam fitur sendiri untuk setiap rilis.cukup kompatibel dengan pihak ketiga paket RHEL, dan merupakan pilihan terbaik untuk proyek-proyek online yang didukung oleh RHEL.
Dan komunitas CentOS sudah sangat aktif, dan selalu ada yang membantu, membuat CentOS-satu-satunya pilihan untuk dunia nyata dengan kinerja terbaik dan hampir tanpa biaya. Perbedaan nyata antara CentOS dan RHEL logo dan tema desktop.
Nah itulah menurut saya 10 Distro Linux yang bisa digunakan dan sudah umum dipasaran karena beberapa keunggulan dan kelebihan dari masing-masing Distro Linux tersebut.

Kalau Menurut Anda Bermanfaat, Mohon Klik THANK dibawah :



0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke CyberCentral.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Di Kotak Yang Tersedia.
Usahakan Jangan Memakai Anonim.
Terima Kasih.


[Admin CyberCentral]