Minggu, 29 Januari 2012

Saatnya Test Kecepatan Loading Blog atau Website Kamu



SpeedDemi kepuasan para pengunjung setia Sobat CC ini, disamping menu artikel yang admin usahakan serba ada. Mulai dari resensi buku hingga dunia militer semua saya coba sajikan dalam tulisan yang santai walaupun sedikit panjang. Karena menurut beberapa ahli, yang panjang – panjang itu lebih nikmat. Maksudnya panjang akal, panjang tali silaturahim, panjang langkah, juga panjang…..eeitss, asal tidak panjang tangan saja ya.


Namun semua menu artikel yang beraneka rasa itu tidak akan tampil optimal bila loading blog ini berasa lambat. Oleh karena itu saya coba-coba mencari referensi tool atau alat untuk mengecek kecepatan loading blog ini.
Karena banyak tools untuk mengecek speed loading sebuah website atau blog yang tersedia secara gratis, maka saya memilih menggunakan alat analisa kecepatan loading milik Google. Saya beranggapan dengan menggunakan analisa dari Google maka keakuratannya cukup besar.
Kalau kawan belum sempat nge-test kecepatan blognya berikut caranya, mudah saja;
  1. Silahkan klik:  https://developers.google.com/pagespeed/ atau http://tools.pingdom.com
  2. Selanjutnya ketik alamat blog kawan.
Contoh : http://Cyber-Central.blogspot.com (tidak perlu menggunakan ‘www’)
Selanjutnya akan muncul nilai kecepatan loading blog punya kawan. Nilai tertinggi adalah 100, ini nilai sempurna. Kecepatan loadingnya sudah selevel dengan The Flash. Semakin besar nilai blog maka semakin cepat pula loading blog tersebut.
Disamping nilai speed loading blog yang muncul setelah melakukan analisa dengan Google Developers, maka Google juga akan memberikan overview blog punya kawan. Hebat bukan?
Dari overview tersebut, Google akan memberikan saran untuk meningkatkan kecepatan blog atau website yang dianalisa yang terbagi menjadi 4 skala prioritas untuk mengoptimalkan tampilan agar semakin cepat..
  1. High priority
  2. Medium priority
  3. Low priority
  4. Experimental rules (Ini tidak berpengaruh kepada nilai kecepatan loading)
Dari empat prioritas di atas, tentu High Priority lah yang diutamakan terlebih dahulu untuk dioptimalkan. Sehingga sebisa mungkin High priority nantinya menjadi kosong. Artinya apa? ya berarti sudah benar-benar optimal, tidak ada yang perlu dirubah lagi. Tinggal giliran yang medium dan low yang perlu diotak-atik.
Overview Blog Cyber-Central

Untuk nilai kecepatan blog Cyber-Central  adalah 80 / 100.. Tentu nilai tersebut belum bisa dibilang optimal, seharunya bisa mendekati 90. Nanti dulu lah, biarkan pakar pembuat blog yang bekerja, bukan bidang saja soalnya..hehehe
Nilai 80 itu didapat bila loading menggunakan Desktop, kalau loading dengan mobile, lain lagi ceritanya.  hanya mendapatkan nilai 77 saja. Memang Themes Cyber-Central tidak mendukung atau kurang cocok untuk dibuka melalui handphone. Di samping itu saya pribadi sedikit suka tampilan blog yang rada-rada ramai dan meriah.

Kalau Menurut Anda Bermanfaat, Mohon Klik THANK dibawah :



0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke CyberCentral.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Di Kotak Yang Tersedia.
Usahakan Jangan Memakai Anonim.
Terima Kasih.


[Admin CyberCentral]