Selasa, 20 Desember 2011

Plugin-plugin keren buat FireFox

Jika ada yang berpendapat bahwa Mozilla Firefox adalah browser paling handal maka itu sah-sah saja. Karena browser Mozilla Firefox bisa dikustomisasi dengan bermacam-macam plugin tambahan, ekstensi dan tampilan tema yang indah dan mengagumkan. Namun pada bahasan saya pada artikel ini, saya hanya ingin membahas beberapa plugin dan ekstensi yang berguna membantu kita dalam masalah browsing dan perubahan tampilan standart. Berikut plugin-plugin tersebut :



A. EKSTENSI
Untuk menampilkan ektensi yang terpasang di browser Mozilla Firefox anda, coba klik pada “Tool / Alat” lalu pilih “Pengaya / Plugin”. Maka akan ditampilkan daftar plugin, ekstensi, tema dan ikon khusus yang mengantarkan anda untuk mencari plugin tambahan di situs resmi pengembang Mozilla Firefox. Untuk membantu kinerja Mozilla Firefox anda, berikut ekstensi yang saya sarankan untuk dipasang :

1. FASTESTFOX 3.1.2


FastestFox

Extensi ini sangat berguna membantu kita dalam urusan pencarian alamat sebuah website, dimana ketika kita mengetikkan sebuah alamat sebuah website, secara otomatis ektensi bekerja menjelajah alamat yang berhubungan dengan alamat yang anda ketikkan walaupun belum komplit atau ada sedikit kesalahan pengetikan alamat. Sehingga kita terbantu untuk menemukan alamat yang kita maksud pada pilihan alamat / url yang ditampilkan. Ektensi ini juga berguna untuk menampilkan halaman sebuah situs yang menggunakan link “next” cukup dengan menggeser mouse ke bawah atau menggerakan roller pada mouse ke bawah. Sehingga halaman situs yang kita buka tadi tampak tersambung antara halaman pertama dengan halaman kedua hanya pada satu tab saja. Jadi untuk melihat halaman selanjutnya, kita tidak perlu klik link “next” dan cukup menggeser terus ke bawah. Berikut tampilan cara kerjanya :


Loading next page

Setelah kita geser halaman hingga mentok ke bawah, maka proses loading atau memuat halaman selanjutnya akan berlangsung seperti yang tampak pada gambar diatas. Dan berikut tampilan sambungan antara halaman sebelum dan sesudahnya :



Seperti yang anda lihat diatas, halaman pertama dan kedua langsung tersambung tanpa perlu klik tulisan “next” atau cukup menggeser halaman menggunakan mouse ke arah bawah.

2. PAGE SPEED
Ektensi berikut sudah mencapai v.1.6 saat saya tulis artikel berikut, sangat berguna untuk membantu proses memuat halaman (loading) pada suatu situs atau website. Terutama bagi mereka yang memiliki blog, ekstensi ini bisa menjadi solusi buat memuat halaman blog yang ukurannya terlalu besar dan menganalisa seberapa cepat waktu loadingnya untul dipertimbangkan lagi merubah layout dan susunan menu blog untuk diperkecil lagi.


Page Speed

3. SKIP SCREEN
Ekstensi berikut belum pernah saya coba pada situs yang disebutkan pada fungsinya. Tetapi keterangan pada ekstensi ini menjelaskan bahwa ekstensi ini berguna untuk melewatkan halaman tunggu pada situs-situs seperti Megaupload, Rapidshare, zShare dan lainnya, sehingga mempercepat proses untuk mendapatkan link “download” pada situs-situs semacam tadi.


Skip Screen

4. GROOWE SEARCH TOOLBAR 1.6.9
Ekstensi ini adalah ektensi yang merangkum toolbar untuk pencarian. Pada toolbar akan dicantumkan ektensi ini yang berguna bagi kita untuk melakukan pencarian pada mesin-mesin pencari seperti Google, Yahoo, Ask, Bing dll. Juga merangkum pencarian untuk Social Bookmark, situs download, dan semua situs mesin pencari. Intinya, semua mesin pencari dirangkum jadi satu pada toolbar lewat ekstensi ini.


Grow Search Toolbar

5. FOX TAB.
Sebenarnya ektensi yang satu ini kurang bermanfaat, tetapi unik dan indah sekali. Ekstensi ini adalah ekstensi yang bisa menampilkan jendela browser dalam format 3 D alias 3 dimensi. Jadi tiap tab yang kita buka, nantinya bisa kita buka dalam format 3 dimensi seakan menu yang bisa digeser-geser. Bisa menampilkan dalam format thumbnail, carrousel dll. Berikut tampilannya :


3D Tabs

Pada gambar (A) halaman dashboard (B) halaman edit entri (C) halaman new entri dan (D) halaman new entri yang lain, semua tab ditampilkan dalam mode “carrousel”.

Sebenarnya masih banyak lagi ekstensi lain yang sangat menunjang kinerja browser Mozilla Firefox, tapi saya hanya menampilkan apa yang pernah saya pakai saja.

B. THEME (TEMA)
Untuk memperindah tampilan browser Mozilla Firefox yang kita miliki, kita bisa memilih ratusan tema yang disediakan pengembang plugin Mozilla Firefox. Namun perlu diingat, usahakan mengunduh tema yang disarankan dan direkomendasikan oleh pengembang browser Mozilla Firefox untuk menghindari kerusakan sistem kerja browser. Mungin banyak dari kita sudah mengenal plugin yang punya nama “Persona”, tetapi plugin tersebut masuk kategori ekstensi dan sepertinya tidak bisa berfungsi secara total jika kita menggunakan tema-tema tertentu. Justru yang berpengaruh secara total adalah tema itu sendiri. Berikut contoh-contoh tema yang sangat indah untuk diterapkan pada browser Mozilla Firefox kita.


Black Stratini Theme
Gradient Theme


Lavavox Theme
Noia Extreme Theme


Wallnut For Firefox Theme
Pink Hope Theme

Saya sendiri suka menggunakan tema yang punya nama “Wallnut For Firefox” dimana tampilannya cukup artistik dengan tampilan seperti serat kayu.
Demikian ulasan saya kali ini tentang plugin-plugin Mozilla Firefox yang berguna untuk kemudahan browsing dan memperindah tampilan jendela browser.


Kalau Menurut Anda Bermanfaat, Mohon Klik THANK dibawah :



2 komentar:

Andi Dani Angga mengatakan...

Mantap Jri.. Sangat Membantu..

Kunjunganya Ditunggu

http://komupdate.blogspot.com

Mitra mengatakan...

Bermanfaat ni ka...

kl boleh saran dilengkapin link downloadnya bakalan lebih bagus...

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke CyberCentral.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Di Kotak Yang Tersedia.
Usahakan Jangan Memakai Anonim.
Terima Kasih.


[Admin CyberCentral]